Selasa, 23 Juni 2015

Silabus Gambar Konstruksi Bangunan

SILABUS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan    :    SMK
Mata Pelajaran         :    Gambar Konstruksi Bangunan Gedung
Kelas /Semester       :    XI / 3 dan 4

Kompetensi Inti
KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
 KI 4  :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Kegiatan Pembelajaran****
Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Semester 3
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2   Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar pondasi
·       Macam-macam pondasi dangkal
·       Macam-macam pondasi dalam
·       Merancang   pondasi
·       Merencanakan penulangan pondasi dan sloof

Mengamati :
·           Mengamati struktur pondasi dari literatur atau lapangan

Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·           Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pondasi
·           Menggambar struktur pondasi
Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pondasi
12 JP x 18 minggu (total semester)

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.1  Menjelaskan  konstruksi pondasi

4.1  Menggambar konstruksi pondasi
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar Dinding penahan tanah:
·         Macam-macam dinding penahan tanah
·         Perencnaan dinding penahan tanah sederhana
Mengamati :
·           Mengamati struktur dinding penahan tanah dari literatur atau lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding penahan tanah
Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding penahan tanah
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding penahan tanah
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding penahan tanah dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·           Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur dinding penahan tanah
·           Menggambar struktur dinding penahan tanah
Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur dinding penahan tanah


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

3.2  Menjelaskan dinding penahan tanah
4.2  Menggambar konstruksi lantai dan dinding

1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar Konstruksi lantai dan dinding
·         Macam-macam lantai dan dinding
·         Bagian-bagian lantai dan dinding
Mengamati :
·           Mengamati struktur lantai dan dinding

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·           Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur lantai dan dinding
·           Menggambar struktur lantai dan dinding
Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur lantai dan dinding


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.3  Menjelaskan konstruksi lantai dan dinding
4.3  Menggambar konstruksi lantai dan dinding
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar Konstruksi pintu dan jendela:
·         Kosen pintu dan jendela
·         Daun pintu dan jendela
·         Ventilasi
Mengamati :
·           Mengamati struktur pintu dan jendela dari literatur atau lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pintu dan jendela

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pintu dan jendela
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pintu dan jendela  dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·         Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pintu dan jendela
·         Menggambar struktur pintu dan jendela

Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pintu dan jendela


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.4    Menjelaskan  konstruksi kosen dan daun  pintu/jendela serta ventilasi
4.4  Menggambar konstruksi kosen dan daun  pintu/jendela serta ventilasi
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar Konstruksi beton bertulang:
·         Dasar perhitungan beton
·         Kolom
·         Balok
·         Plat lantai
·         Penulangan beton
Mengamati :
·           Mengamati konstruksi beton bertulang dari literatur atau lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi konstruksi beton bertulang

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur beton bertulang
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur beton bertulang
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur beton  bertulang dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·         Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·         Menggambar struktur beton bertulang

Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton bertulang


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.5  Menjelaskan Konstruksi Beton Bertulang (Menggambar konstruksi kolom, balok,plat lantai beton bertulang)
4.5  Menggambar Konstruksi Beton Bertulang (Menggambar konstruksi kolom, balok,plat lantai beton bertulang)
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar  Konstruksi tangga:
·         Macam-macam tangga
·         Dasar – dasar Perencanaan tangga
·         Tangga kayu
·         Tangga beton
·         Tangga baja
Mengamati :
·           Mengamati konstruksi tangga  dari literatur atau lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi konstruksi tangga

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur tangga
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur tangga
Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur tangga  dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·         Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·         Menggambar struktur tangga

Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur tangga


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.6  Menjelaskan konstruksi tangga kayu, beton dan baja
4.6  Menggambar konstruksi tangga kayu, beton dan baja
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar atap dan langit-langit:
·         Macam-macam konstruksi kuda-kuda
·         Dasar perhitungan kuda-kuda
·         Plafon
Mengamati :
·           Mengamati konstruksi atap dan langit-langit  dari literatur atau lapangan

Menanya :
·     Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi konstruksi atap dan langit-langit
Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur atap dan langit-langit

Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur atap dan langit-langit

Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur atap dan langit-langit  dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·         Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·         Menggambar struktur t atap dan langit-langit

Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur atap dan langit-langit


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.7  Menjelaskan konstruksi atap dan langit-langit
4.7  Menggambar konstruksi atap dan langit-langit
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar utilitas bangunan gedung:
·         Dasar-dasar menggambar instalasi listrik
·         Dasar-dasar menggambar instalasi plambing
·         Dasar-dasar-menggambar drainase gedung
Mengamati :
·           Mengamati utilitas bangunan gedung dari literatur atau lapangan

Menanya :
·     Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi utilitas bangunan gedung
Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur utilitas bangunan gedung

Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur utilitas bangunan gedung

Mengkomunikasikan :
·           Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur utilitas bangunan gedung  dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
Tugas:
·         Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi utilitas bangunan gedung
·           Menggambar struktur utilitas bangunan gedung

Observasi:
·           Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·           Proses penggambaran
Tes:
·           Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi utilitas bangunan gedung


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.8  Menjelaskan Utilitas Bangunan Gedung (Menggambar Instalasi Listrik,Menggambar Instalasi Plumbing,Menggambar drainase gedung
4.8  Menggambar Utilitas Bangunan Gedung
Semester 4
1.1  Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2  Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Gambar kerja bangunan gedung:
·       Gambar denah
·       Gambar potongan
·       Gambar tampak
·       Gambar detail
Mengamati :
·           Mengamati macam-macam contoh gambar kerja bangunan gedung
Menanya :
·           Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar kerja bangunan gedung
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar kerja bangunan gedung
Mengasosiasi :
·           Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar kerja bangunan gedung
Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar denah, gambar potongan, gambar tampak dan gambar detail
Tugas:
·           Membuat gambar kerja bangunan gedung
Observasi:
·           Proses pelaksanaan penggambaran

12 JP x 18 minggu
(total semester)

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.9  Menjelaskan Proyeksi Bangunan
4.9 Menggambar Proyeksi Bangunan




Satuan Pendidikan :    SMK
Mata Pelajaran         :    Gambar Konstruksi Bangunan Gedung
Kelas /Semester       :    XII / 5 dan 6

Kompetensi Inti
KI 1   :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   :    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4   :    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar**
Materi Pokok***
Kegiatan Pembelajaran****
Penilaian*****
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Semester 5
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2   Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar denah bangunan sistem irigasi:
·         Sistem jaringan irigasi
·         Macam-macam bangunan irigasi
·         Pengetahuan tentang peta topografi
·         Pengetahuan tentang dasar perencanaan bangunan irigasi
Mengamati :
·           Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar kerja bangunan irigasi atau pengamatan langsung di lapangan
Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar denah situasi bangunan irigasi

Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar denah situasi bangunan irigasi
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar denah situasi bangunan irigasi

Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar denah situasi bangunan irigasi
Tugas:
·         Membuat gambar denah situasi bangunan irigasi

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran
12 JP x 18 minggu
(total semester)

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.1   Menjelaskan  bagian-bagian dari sistem irigasi
3.2   Menjelaskan peta topografi sebagai data perencanaan sistem irigasi

4.1 Menggambar denah situasi konstruksi bangunan irigasi
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2   Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar konstruksi bendungan:
·         Macam-macam bendungan
·         Bagian-bagian bendungan
·         Dasar perencanaan bendungan
Mengamati :
·           Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar konstruksi bendungan atau pengamatan langsung di lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar konstruksi bendungan
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar konstruksi bendungan
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar konstruksi bendungan

Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar konstruksi bendungan
Tugas:
·         Membuat gambar konstruksi bendungan

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.1    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.3  Menjelaskan bagian-bagian bendungan
4.2  Menggambar konstruksi bendungan
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2   Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar konstruksi saluran irigasi:
·         Saluran primer
·         Saluran sekunder
·         Penampang memanjang dan melintang saluran
Mengamati :
·           Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar konstruksi saluran irigasi atau pengamatan langsungdi lapangan

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar konstruksi b saluran irigasi
Pengumpulan Data :
·           Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar konstruksi saluran irigasi
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar konstruksi saluran irigasi

Mengkomunikasikan :
·       Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar konstruksi saluran irigasi
Tugas:
·         Membuat gambar konstruksi saluran irigasi

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.4    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.4   Menjelaskan bagian-bagian saluran irigasi  
4.3   Menggambar konstruksi saluran irigasi
Semester 6
1.1  Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2  Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar denah situasi jalan dan jembatan:
·      Pengetahuan tentang penggunaan peta topografi pada perencanaan jalan raya
·      Pengetahuan tentang alinyemen horisontal dan vertikal pada perencanaan jalan raya
·      Pengetahuan dasar perencanaan dimensi jalan raya

Mengamati :
·         Mengamati konstruksi  jalan dan jembatan melalui gambar kerja atau lapangan:

Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar denah situasi jalan dan jembatan:

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar denah situasi jalan dan jembatan:
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar denah situasi jalan dan jembatan

Mengkomunikasikan :
·        Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar denah situasi jalan dan jembatan
Tugas:
·           Membuat gambar kerja bendungan dan saluran irigasi

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran
12 JP x 16 minggu
(total semester)

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.5   Menjelaskan peta topografi sebagai data perencanaan jalan dan jembatan
3.6    Menjelaskan pengertian alinyemen horisontal dan vertikal

4.4   Menggambar denah situasi jalan dan jembatan

1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar profil jalan raya:
·         Bagian-bagian struktur jalan raya
·         Macam-macam struktur perkerasan jalan raya
·         Macam-macam struktur bawah (pondasi) jalan raya
·         Potongan melintang jalan
·         Bangunan pelengkap jalan
Mengamati :
·         Mengamati macam-macam contoh gambar profil jalan raya
Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar profil jalan raya
Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar profil jalan raya
Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar profil jalan raya

Mengkomunikasikan :
·         Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar profil jalan rayadalam bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
Tugas:
·         Membuat gambar profil jalan raya

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.7   Menjelaskan struktur perkerasan jalan
3.8   Menjelaskan struktur bawah jalan
4.5   Menggambar profil melintang jalan

1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar  struktur atas  jembatan
·       Bagian-bagian struktur atas jembatan
·       Dasar penggambaran struktur atas jembatan

Mengamati :
·     Mengamati struktur atas  jembatan melaui gambar atau pengamatan langsung di lapangan
Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar struktur atas  jembatan

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar struktur atas  jembatan

Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar struktur atas  jembatan

Mengkomunikasikan :
·         Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar struktur atas  jembatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
Tugas:
·         Membuat gambar struktur atas  jembatan

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran


2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2    Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3    Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.9   Menjelaskan bagian-bagian struktur atas jembatan
4.6   Menggambar struktur atas jembatan
4.7    
1.1    Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2    Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi bangunan
Menggambar struktur bawah jembatan:
·         Bagian-bagian struktur bawah jembatan
·         Pengetahuan dasar perencanaan struktur bawah

Mengamati :
·     Mengamati struktur bawah  jembatan melaui gambar atau pengamatan langsung di lapangan
Menanya :
·         Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar struktur bawah jembatan

Pengumpulan Data :
·         Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang membuat gambar struktur bawah  jembatan

Mengasosiasi :
·         Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya disimpulkan  dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar struktur bawah  jembatan

Mengkomunikasikan :
·         Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar struktur bawah  jembatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
Tugas:
·         Membuat gambar struktur bawah  jembatan

Observasi:
·         Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka, maupun di dalam kelas
·         Proses penggambaran


2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2      Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.10   Menjelaskan bagian-bagian struktur bawah jembatan
4.7      Menggambar struktur bawah jembatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar