SILABUS
MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Gambar Konstruksi
Bangunan Gedung
Kelas /Semester : XI / 3 dan 4
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Kegiatan Pembelajaran****
|
Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Semester 3
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2
Menyadari anugerah ilmu
pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku
mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi
bangunan
|
Menggambar pondasi
·
Macam-macam pondasi dangkal
·
Macam-macam pondasi dalam
·
Merancang pondasi
·
Merencanakan penulangan pondasi
dan sloof
|
Mengamati :
·
Mengamati struktur pondasi dari literatur atau lapangan
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur pondasi
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana
sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pondasi
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur pondasi dalam bentuk lisan, tulisan,
diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pondasi
·
Menggambar struktur pondasi
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur pondasi
|
12 JP x 18 minggu (total
semester)
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.1 Menjelaskan
konstruksi pondasi
|
|||||
4.1 Menggambar konstruksi pondasi
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
Dinding penahan tanah:
·
Macam-macam dinding penahan
tanah
·
Perencnaan dinding penahan
tanah sederhana
|
Mengamati :
·
Mengamati struktur dinding penahan tanah dari literatur atau
lapangan
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding
penahan tanah
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur dinding penahan tanah
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur dinding
penahan tanah
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur dinding
penahan tanah
dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur dinding penahan tanah
·
Menggambar struktur dinding penahan tanah
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur dinding penahan tanah
|
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|
||||
3.2 Menjelaskan dinding
penahan tanah
|
|||||
4.2 Menggambar
konstruksi lantai dan dinding
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
Konstruksi lantai dan dinding
·
Macam-macam lantai dan
dinding
·
Bagian-bagian lantai dan
dinding
|
Mengamati :
·
Mengamati struktur lantai dan dinding
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media
lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur lantai
dan dinding
·
Menggambar struktur lantai
dan dinding
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur lantai dan dinding
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.3 Menjelaskan konstruksi lantai dan dinding
|
|||||
4.3 Menggambar konstruksi lantai dan dinding
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
Konstruksi pintu dan jendela:
·
Kosen pintu dan jendela
·
Daun pintu dan jendela
·
Ventilasi
|
Mengamati :
·
Mengamati struktur pintu dan jendela dari literatur atau lapangan
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur pintu dan
jendela
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur pintu dan jendela
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur lantai dan dinding
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur
pintu dan jendela dalam bentuk lisan, tulisan,
diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur pintu dan jendela
·
Menggambar struktur pintu dan jendela
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur pintu dan jendela
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.4 Menjelaskan
konstruksi kosen dan daun pintu/jendela
serta ventilasi
|
|||||
4.4 Menggambar konstruksi kosen dan daun pintu/jendela serta ventilasi
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
Konstruksi beton bertulang:
·
Dasar perhitungan beton
·
Kolom
·
Balok
·
Plat lantai
·
Penulangan beton
|
Mengamati :
·
Mengamati konstruksi beton bertulang dari literatur atau lapangan
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi konstruksi beton
bertulang
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur beton bertulang
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur beton bertulang
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur beton bertulang dalam bentuk lisan, tulisan, diagram,
bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka terkait
dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·
Menggambar struktur beton bertulang
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur beton bertulang
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.5 Menjelaskan Konstruksi Beton Bertulang (Menggambar
konstruksi kolom, balok,plat lantai beton bertulang)
|
|||||
4.5 Menggambar Konstruksi Beton Bertulang (Menggambar
konstruksi kolom, balok,plat lantai beton bertulang)
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan dipelihara
keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak berlebihan, dan
berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar Konstruksi tangga:
·
Macam-macam tangga
·
Dasar – dasar Perencanaan
tangga
·
Tangga kayu
·
Tangga beton
·
Tangga baja
|
Mengamati :
·
Mengamati konstruksi tangga
dari literatur atau lapangan
Menanya
:
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian, bentuk dan fungsi konstruksi tangga
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur tangga
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur tangga
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur tangga dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar atau media
lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·
Menggambar struktur tangga
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur tangga
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas
sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.6 Menjelaskan konstruksi tangga kayu, beton
dan baja
|
|||||
4.6 Menggambar konstruksi tangga kayu, beton
dan baja
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
atap dan langit-langit:
·
Macam-macam konstruksi
kuda-kuda
·
Dasar perhitungan kuda-kuda
·
Plafon
|
Mengamati :
·
Mengamati konstruksi atap dan langit-langit dari literatur atau lapangan
Menanya
:
· Mengkondisikan situasi belajar
untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian,
bentuk dan fungsi konstruksi
atap dan langit-langit
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur atap dan langit-langit
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur atap
dan langit-langit
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur atap
dan langit-langit dalam bentuk lisan, tulisan,
diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan perencanaan struktur beton
·
Menggambar struktur t atap dan langit-langit
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi dan
perencanaan struktur atap dan langit-langit
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.7 Menjelaskan konstruksi atap dan
langit-langit
|
|||||
4.7 Menggambar konstruksi atap dan
langit-langit
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar utilitas
bangunan gedung:
·
Dasar-dasar menggambar instalasi listrik
·
Dasar-dasar menggambar instalasi plambing
·
Dasar-dasar-menggambar drainase gedung
|
Mengamati :
·
Mengamati utilitas bangunan gedung dari literatur atau lapangan
Menanya
:
· Mengkondisikan situasi belajar
untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang: bagian-bagian,
bentuk dan fungsi utilitas
bangunan gedung
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang bagian-bagian, bentuk
dan fungsi struktur utilitas bangunan gedung
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait bagian-bagian, bentuk dan fungsi struktur utilitas
bangunan gedung
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang bagian-bagian,
bentuk dan fungsi struktur utilitas
bangunan gedung dalam bentuk lisan, tulisan,
diagram, bagan, gambar atau media lainnya.
|
Tugas:
·
Melaporkan hasil pengamatan di lapangan/ pustaka
terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi utilitas bangunan gedung
·
Menggambar struktur utilitas bangunan gedung
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
Tes:
·
Tes lisan/ tertulis yang terkait dengan bagian-bagian, bentuk dan fungsi utilitas
bangunan gedung
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.8 Menjelaskan Utilitas Bangunan Gedung
(Menggambar Instalasi Listrik,Menggambar Instalasi Plumbing,Menggambar drainase gedung
|
|||||
4.8 Menggambar Utilitas Bangunan Gedung
|
|||||
Semester 4
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Gambar kerja bangunan gedung:
·
Gambar denah
·
Gambar potongan
·
Gambar tampak
·
Gambar detail
|
Mengamati :
·
Mengamati macam-macam contoh gambar kerja bangunan gedung
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar kerja bangunan gedung
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar kerja bangunan gedung
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar
kerja bangunan gedung
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan hasil
konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar denah, gambar
potongan, gambar tampak dan gambar detail
|
Tugas:
·
Membuat gambar kerja bangunan gedung
Observasi:
·
Proses pelaksanaan penggambaran
|
12 JP x 18 minggu
(total semester)
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.9 Menjelaskan Proyeksi Bangunan
|
|||||
4.9 Menggambar Proyeksi Bangunan
|
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Gambar Konstruksi
Bangunan Gedung
Kelas /Semester : XII / 5 dan 6
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Kegiatan Pembelajaran****
|
Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Semester 5
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2
Menyadari anugerah ilmu
pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku
mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi
bangunan
|
Menggambar
denah bangunan sistem irigasi:
·
Sistem jaringan irigasi
·
Macam-macam bangunan irigasi
·
Pengetahuan tentang peta
topografi
·
Pengetahuan tentang dasar
perencanaan bangunan irigasi
|
Mengamati :
·
Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar kerja bangunan irigasi
atau pengamatan langsung di lapangan
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar denah
situasi bangunan irigasi
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar denah situasi bangunan irigasi
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar denah situasi bangunan irigasi
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan hasil
konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar denah situasi bangunan
irigasi
|
Tugas:
·
Membuat gambar denah
situasi bangunan irigasi
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
12 JP x 18 minggu
(total semester)
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.1
Menjelaskan bagian-bagian dari sistem irigasi
3.2
Menjelaskan peta
topografi sebagai data perencanaan sistem irigasi
|
|||||
4.1 Menggambar denah situasi konstruksi bangunan irigasi
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2
Menyadari anugerah ilmu
pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku
mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi
bangunan
|
Menggambar
konstruksi bendungan:
·
Macam-macam bendungan
·
Bagian-bagian bendungan
·
Dasar perencanaan bendungan
|
Mengamati :
·
Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar konstruksi bendungan atau pengamatan langsung di lapangan
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar konstruksi
bendungan
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar konstruksi bendungan
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar
konstruksi bendungan
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan hasil
konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar konstruksi bendungan
|
Tugas:
·
Membuat gambar konstruksi
bendungan
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.1
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.3 Menjelaskan
bagian-bagian bendungan
|
|||||
4.2 Menggambar
konstruksi bendungan
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2
Menyadari anugerah ilmu
pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia dengan menunjukkan perilaku
mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian dalam menggambar konstruksi
bangunan
|
Menggambar
konstruksi saluran irigasi:
·
Saluran primer
·
Saluran sekunder
·
Penampang memanjang dan
melintang saluran
|
Mengamati :
·
Mengamati macam-macam contoh topografi dan gambar konstruksi saluran irigasi atau pengamatan langsungdi lapangan
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar konstruksi
b saluran irigasi
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar konstruksi saluran irigasi
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar
konstruksi saluran irigasi
Mengkomunikasikan :
· Menyampaikan hasil
konseptualisasi gambar kerja bangunan gedung berupa gambar konstruksi saluran
irigasi
|
Tugas:
·
Membuat gambar konstruksi
saluran irigasi
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi pustaka,
maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan
perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja
individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.4
Menunjukkan
perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.4
Menjelaskan bagian-bagian
saluran irigasi
|
|||||
4.3 Menggambar konstruksi saluran irigasi
|
|||||
Semester 6
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
denah situasi jalan dan jembatan:
·
Pengetahuan tentang
penggunaan peta topografi pada perencanaan jalan raya
·
Pengetahuan tentang
alinyemen horisontal dan vertikal pada perencanaan jalan raya
·
Pengetahuan dasar
perencanaan dimensi jalan raya
|
Mengamati :
·
Mengamati konstruksi jalan dan jembatan melalui gambar kerja atau
lapangan:
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar denah situasi jalan dan
jembatan:
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar denah situasi jalan dan jembatan:
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar denah
situasi jalan dan jembatan
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi gambar denah situasi
jalan dan jembatan
|
Tugas:
·
Membuat gambar kerja bendungan dan saluran
irigasi
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
12 JP x 16 minggu
(total semester)
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.5
Menjelaskan peta topografi
sebagai data perencanaan jalan dan jembatan
3.6
Menjelaskan pengertian
alinyemen horisontal dan vertikal
|
|||||
4.4
Menggambar denah situasi jalan
dan jembatan
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
profil jalan raya:
·
Bagian-bagian struktur jalan
raya
·
Macam-macam struktur
perkerasan jalan raya
·
Macam-macam struktur bawah
(pondasi) jalan raya
·
Potongan melintang jalan
·
Bangunan pelengkap jalan
|
Mengamati :
·
Mengamati macam-macam contoh gambar profil jalan raya
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar profil jalan raya
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar profil jalan raya
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar profil
jalan raya
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar profil
jalan rayadalam
bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
|
Tugas:
·
Membuat gambar profil jalan raya
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.7
Menjelaskan
struktur perkerasan jalan
3.8
Menjelaskan
struktur bawah jalan
|
|||||
4.5
Menggambar profil melintang
jalan
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar
struktur atas jembatan
·
Bagian-bagian struktur atas
jembatan
·
Dasar penggambaran struktur
atas jembatan
|
Mengamati :
· Mengamati struktur
atas jembatan melaui gambar atau pengamatan langsung di
lapangan
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar struktur
atas jembatan
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar struktur atas
jembatan
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar struktur atas jembatan
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar struktur atas jembatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
|
Tugas:
·
Membuat gambar struktur
atas jembatan
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
|
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai
kerja individu maupun kelompok dalam
aktivitas sehari-hari
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.9
Menjelaskan bagian-bagian
struktur atas jembatan
|
|||||
4.6
Menggambar struktur atas
jembatan
4.7
|
|||||
1.1 Meyakini penciptaan alam semesta sebagai anugerah yang harus dijaga dan
dipelihara keselarasannya dengan menunjukkan perilaku hati-hati, tidak
berlebihan, dan berwawasan lingkungan dalam menggambar konstruksi bangunan
1.2 Menyadari anugerah ilmu pengetahuani amanah untuk kemaslahatan manusia
dengan menunjukkan perilaku mengutamakan keakuratan dan keberhati-hatian
dalam menggambar konstruksi bangunan
|
Menggambar struktur bawah
jembatan:
·
Bagian-bagian struktur bawah jembatan
·
Pengetahuan dasar perencanaan struktur bawah
|
Mengamati :
· Mengamati struktur
bawah jembatan melaui gambar atau pengamatan langsung di
lapangan
Menanya :
·
Mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan
secara aktif dan mandiri tentang membuat gambar struktur
bawah jembatan
Pengumpulan Data :
·
Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit di lapangan, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang membuat gambar struktur bawah
jembatan
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan data dan menentukan hubungannya, selanjutnyanya
disimpulkan dengan urutan dari yang
sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait pembuatan gambar struktur bawah jembatan
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang gambar struktur bawah jembatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun gambar
|
Tugas:
·
Membuat gambar struktur
bawah jembatan
Observasi:
·
Proses pelaksanaan pengamatan dan pembelajaran di lapangan/ studi
pustaka, maupun di dalam kelas
·
Proses penggambaran
|
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menunjukkan perilaku yang patut dan santun serta menghargai kerja
individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|||||
3.10
Menjelaskan bagian-bagian
struktur bawah jembatan
|
|||||
4.7
Menggambar struktur bawah
jembatan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar