Kamis, 06 Juni 2013

LAPORAN KEWIRAUSAHAAN




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Secara harfiah Kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ke dan akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, Sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis. Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat,dan sumber daya untuk mencari peluang yang  sukses.
Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang – orang yang berkecimpung didalam bidang  perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organisasi melakukan perbaikan – perbaikan standard serta kualitas produk mereka.
Dalam kewirausahaan ada beberapa komponen yang menjadi sumber daya dalam suatu organisasi bisnis yaitu: Manusia, Material, Mesin (termasuk fasilitas dan energi), Uang, Informasi.
Apabila kita ingin memulai suatu usaha maka banyak hal yang perlu dipikirkan. Keberhasilan suatu usaha tergantung sebagian besar dari karakteristik pribadi, keterampilan, dan keadaaan keuangan pemilik usaha yang bersangkutan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memulai suatu usaha. Kita harus berpikir dan menilai secara jujur tentang diri kita sendiri dan memutuskan apakah kita adalah orang yang tepat untuk memulai suatu usaha.
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Usaha yang saya lakukan yaitu sebuah usaha kecil, tatapi saya akan coba mengembangkan usaha lain.

B.     Manfaat dan Tujuan
Kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara umum meningkatkan harkat dan martabat pribadi wirausahawan serta bangsa dan negara, dengan pengetahuan tersebut diharapkan akan semakin banyak warga negara Indonesia khusunya mahasiswa yang terjun dalam dunia usaha, namun perlu diperhatikan dalam berusaha harus mengedepankan kejujuran, sehingga apa yang dihasilkan dapat bermanfa,at bagi masyarakat luas. akan membantu mengolah pola pikir generasi muda sejak dini. Jika tadinya banyak mahasiswa yang gengsi untuk berwirausaha, sekarang justru banyak sekali para mahasiswa yang sudah mulai mendirikan usaha, walaupun kecil-kecilan dan masih patungan dengan beberapa temannya.



BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN

Dalam berwirausaha perlu adanya menganalisa diri sendiri sebagai pengusaha. Sifat yang dapat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha sendiri. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memulai suatu usaha. Tentu perlu menilai diri sendiri untuk melihat apakah kita mempunyai kepribadian, keterampilan, dan keadaan yang diperlukan untuk memulai suatu usaha.
Para pemilik usaha yang berhasil, bukan berhasil karena mereka beruntung, tetapi berhasil sebab mereka bekerja keras dan memiliki keterampilan untuk menjalankan usaha. Sehubungan dengan hal itu maka ada beberapa hal – hal agar usaha kita berhasil.
o   Komitmen .
o   Motivasi
o   Kejujuran
o   Kesehatan
o   Mengambil resiko
o   Membuat keputusan
o   Keadaan keluarga
o   Keterampilan mengelola usaha
o   Keterampilan teknis
o   Pengetahuan tentang jenis usaha sendiri

1.      Pelaksanaan Kegiatan
Tempat
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan. Dengan target pemasaran adalah mahasiswa- mahasiswa, anak sekolah, bahkan kalangan masyarakat yang membutuhkan
Penjualan
Kegiatan  penjualan flashdisk membutuhkan waktu yang cukup, dimana penjualan dilingkungan masyarakat, banyaknya saingan sehingga butuh proses. Dalam penjualan flash ini yang dibutuhkan harga yang relative murah dan kualitas yang bagus. Dengan harga penjualan yang ditawarkan.  Harga flash disk yang berada difoto copy 4 GB dengan harga Rp. 125,000, sedangkan flash disk 8 GB harga Rp. 175,000. Dan untuk harga Flash Disk yang ada di tempat elektonik
 1 GB harga mencapai Rp. 95.000, dan 2 GB dengan harga Rp.120,000. Sedangkan disurabaya harga Flash 2Gb hanya 30-40rb-an, 4Gb hanya 40-55rb-an. 16Gb dengan harga 150ribu, sedangkan 32Gb 200rb.
 Oleh karena itu,  dengan penjualan harga yang harus  jual adalah 4Gb seharga Rp. 85.000, 8Gb seharga Rp. 100.000.
Harga pembelian
Flashdisk
Harga
4GB Kingston
Rp.  45.000
4GB Toshiba  3 buah
Rp.  135.000
8GB Kingston
Rp.  55.000
8 GB FD Hp
Rp.  75.000
8 GB FD Sony
Rp.  47.000

Harga jual
Flashdisk
Harga
4GB Kingston
Rp.  85.000
4GB Toshiba 
Rp.  85.000
8GB Kingston
Rp.  100.000
8 GB FD Hp
Rp.  115.000
8 GB FD Sony
Rp.  90.000


2.      Pembahasan

  Adapun bererapa kelebihan dan kelemahan menggunakan Flash Disk yaitu:
Kekurangan menggunakan Flash Disk
*      Mudah terjadi kebocoran data, karena tak dapat dipungkiri flashdisk mudah sangat mudah untuk di copy data-data yang ada di dalamnya
*      Mudah hilang, kekurangan flashdisk yang satu ini disebabkan karena ukuran flashdisk yang kecil. sehingga kita mudah melalaikannya.
*      Tempat Virus Menyebar, virus akan masuk kedalam flashdisk dan memakan komputer-komputer lainnya sehingga hati-hati saat menggunakan flashdisk. gunakan anti virus yang bagus.

Kelebihan menggunakan Flash Disk

*      Berkapasitas Besar, hingga mencapai 32Gb yang sangat berguna bagi kita yang cinta dengan data-data di komputer. Sehingga memungkinkan kita mem-back-up data-data di komputer kita.
*      Dapat digunakan di Semua komputer. Tanpa syarat fisik dan platform. misalnya saja FLASHDISK bisa digunakan di Komputer, Laptop, dengan menggunakan platform windows, atau linux bahkan yang lainnya.
*      Lebih mudah dibawa kemana-pun dan lebih mudah penggunaannya. karena hanya cukup pasang dan cabut. selesaimenngolah data.
*      Murah, Harga Flashdisk 2Gb hanya 30-40rb-an. Dan Harga Flashdisk 4Gb hanya 40-55rb-an.
*      Ukurannya kecil, kalau kelebihan yang satu ini sangat  penting untuk kemudahan kita dalam transfer data.
            Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi seorang Wirausaha yang handal disamping mendapatkan profit. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya kami, karena dengan melakukan kegiatan seperti ini maka kami mendapatkan sebuah pengalaman untuk menjadi seorang Wirausaha, mempelajari bagaimana cara menawarkan dengan baik dan berinteraksi dengan orang banyak.
           







           


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


1.      Kesimpulan    
Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Menawarkan dan menjual produk kepada mahasiswa memiliki banyak manfaat untuk menjadi seorang wirausaha yang handal dan sukses. Bahkan dapat kami simpulkan bahwa modal bukan lah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asal ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya. Hanya saja kita harus benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi, target.
2.      Saran
          Saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam perkuliahan kewirausahaan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin menjadi seorang wirausaha yang handal. Kegiatan ini dapat menjadi proses awal bagi mahasiswa sebelum terjun langsung di dunia bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar